Home

Selasa, 11 Januari 2011

Kehilangan Fokus? Game Dapat Membantumu

Game terbukti dapat membantu meningkatkan perhatian, memberikan energi baru, melatih dan menantang kemampuan mental, perasaan positif dalam mencapai satu tingkat keberhasilan serta mengurangi efek pikun di kemudian hari.
Pernahkah kamu menemukan saat dimana kamu bekerja di depan terminal komputermu dan mencoba untuk menyelesaikan laporan tapi pikiran – dan juga jari tanganmu – membelot, dan tidak lama kemudian, sekali lagi kamu mulai menjelajahi situs-situs yang tidak berhubungan sama sekali dengan pekerjaan?
Kamu menemukan bahwa perhatian kamu teralihkan selama sepuluh menit, sampai kamu mendengar atasan kamu mendekatimu dari belakang, dan kamu dengan cepat menklik ’alt+tab’ untuk menyembunyikan windowmu!
Kita semua pernah bersalah untuk kelakuan seperti itu. Dengan internet yang digunakan baik untuk bekerja maupun untuk bersenang-senang, agak susah juga untuk bisa focus dalam menyelesaikan tugas di tangan ketika berada di kantor, dimana dunia hiburan hanyalah satu klik jauhya.

Jika kamu merasa baha kamu kurang mampu untuk konsentrasi di pekerjaan, meluangkan waktu sedikit untuk bermain game dapat membantu untuk meningkatkan tingkat kognisi dan focus perhatian kamu.
Contohnya, permainan Zuma’s Revenge, game ini menantang dan meningkatkan kerenggangan kemampuan kamu secara mental jadi kamu dapat mencapai satu tujuan dalam satu jangka waktu tertentu. Tugas menyelesaikan tantangan sederhana membuat kamu mempekerjakan pikiranmu lebih keras lagi.
Tapi keuntungan bermain game tidak hanya sampai di situ. Tidak hanya kamu memberikan pikiranmu kerja ekstra, tapi dengan menyelesaikan tugas yang ada, dalam kenyataannya, membuat kamu lebih optimistik juga. Perancang dan peneliti game, Jane McGonigal, percaya bahwabermain game dapat memberikan kamu kumpulan energi baru yang dibutuhkan dan juga satu harapan realistik untuk mencapai kesuksesan.
Hal yang sama dikemukankan juga oleh pakar hubungan Dr. John Gray yang menguatkan kepercayaan penggunaan game di dalam bukunya yang telah terjual laris habis di dunia, Men are from Mars, Women are from Venus (Laki-laki berasal dari Mars, Wanita berasal dari Venus). Dia menawarkan kepada para wanita alasan yang sangat kuat mengapa para pria suka meyembunyikan diri mereka di dalam ‘gua’ ketika masalah hidup nyata muncul: ketika mereka berada di dalam ‘gua’ mereka, para pria menghabiskan waktu mereka bermain game jadi mereka dapat menyelesaikan masalah lainnya secara mental.
Dengan menang di game, mereka merasakan adanya kepuasan mencapai keberhasilan dan dapat kembali ke masalah yang ada sekarang di tangan yang mendesak untuk diselesaikan.
Teori yang telah teruji coba ini menyimpulkan dengan pasti bahwa kita seharusnya terlibat dalam permainan game satu dan lain waktu untuk menguatkan kembali tingkat kepercayaan diri kita dan membantu kita untuk bisa fokus ke permasalahan kehidupan sehari-hari lebih baik!
Kenyataanya, riset juga menunjukan bahwa keterlibatan diri dalam latihan mental dapat mengurangi efek pikun. Satu grup penelitian di Fakultas Psikiater di Universitas New South Wales di Australia menemukan bahwa individu dapat menurunkan resiko pikun sebanyak 46% jika mereka terlibat aktivitas yang menstimulasi mental.
Ini merupakan alasan tambahan untuk terlibat di permainan online – menyediakan satu cara imunisasi yang tidak ternilai yang akan membuat kamu berterima kasih untuk tahun-tahun mendatang.
Jadi, jika lain kali kamu berhadapan dengan sebuah laporan atau tugas sekolah yang harus kamu selesaikan, luangkan waktu selama lima menit sebelumnya untuk bermain game seperti Plants vs Zombies, yang akan melatih kamu untuk bisa menangani lebih dari satu pekerjaan, atauBejewel 2, sebuah permainan yang menstimulasi dan meningkatkan energi yang akan membuat kamu lebih segar dan siap untuk menyelesaikan problem apapun yang ada.
Kamu boleh yakin bahwa dalam jangka waktu tidak lama, kamu akan mencapai nilai tinggi baik dalam permainan game DAN juga di dalam pekerjaanmu. 
Ayo maen game !!!! 
Monkey Emoticons CiciMonkey Emoticons CiciMonkey Emoticons CiciMonkey Emoticons CiciMonkey Emoticons CiciMonkey Emoticons CiciMonkey Emoticons Cici
sumber : Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar